Tips Memulai Bisnis Walau Tanpa Pengalaman

bukupediabisnis - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memulai suatu bisnis. Salah satunya adalah dengan membuka usaha franchise atau waralaba. Dengan membuka franchise, kamu tidak perlu memulai bisnismu dari nol. Kamu dapat membuka usaha di daerahmu dengan menggunakan produk lain yang telah sukses di tempat lain.









Namun sebelum itu, kamu harus mengenali dulu istilah franchisor dan franchisee. Franchisor adalah pemilik usaha atau pemberi franchise kepada orang lain. Sedangkan, franchisee adalah penerima franchise yang menerima hak untuk memanfaatkan nama atau ciri khas dari suatu bisnis orang lain. Berikut dibawah ini ada beberapa tips memulai bisnis dengan mudah, mesti tanpa pengalaman. Bila kamu ingin menjadi seorang entrepreneur? Kamu harus baca artikel dibawah ini :

1. Pilih produk sesuai kesukaan.

Memang klise, tapi sebenarnya penting. Jika kamu memilih produk sesuai kesukaanmu, maka kamu akan menjalaninya dua kali lipat lebih semangat. Selain itu, kamu akan lebih mudah menguasai bisnismu ini. Misalnya saja kamu penggemar donat, maka pilihlah produk donat sebagai bisnis waralabamu.

2. Kenali dan pahami prosedur waralaba.

Tips memulai bisnis yang satu ini memang agak sedikit rumit. Tapi, jika kamu sudah memahami dan terbiasa, maka bisa berjalan dengan lancar. Sebelum kamu menandatangani kontrak, kamu harus mengenali dan paham betul produk apa yang akan kamu jual nanti.

Cari tahu apakah produk tersebut berhasil di tempat lain, segmentasi apa yang sesuai dengan produk tersebut, serta seberapa ramai pembeli produk itu. Selain itu, kamu juga harus memahami betul kontrak yang akan kamu tandatangani. Kamu harus tahu apa yang akan franchisee dapat dari franchisor, apakah cukup menguntungkan untuk franchisee pemula?

3. Hitung modal dan perkiraan keuntungan.

Uang memang hal yang paling sensitif untuk dibahas. Kamu harus menghitung modalmu, apakah sesuai dan mencukupi untuk membuka franchise dari produk tertentu. Kamu tidak perlu memulai dari produk yang sangat mahal. Mulailah dari produk yang cukup terjangkau dan sesuai dengan modalmu. Setelah itu, perkirakan juga mengenai keuntungan yang akan kamu dapat jika membuka bisnis franchise produk tersebut.

4. Pilih lokasi sesuai segmentasi.

Agar bisnismu berjalan lancar dan ramai pengunjung, kamu harus memilih lokasi berjualan dengan selektif. Jangan asal memilih lokasi! Lokasi yang tidak sesuai dengan pangsa pasarmu akan menyebabkan kerugian. Jika kamu membuka kafe waralaba, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus, sekolah ataupun kantor. Karena, kebanyakan pengunjung kafe adalah mereka yang masih sekolah, mahasiswa, ataupun karyawan kantor.

5. Pasarkan produk dengan baik.

Memasarkan produk dengan baik dan tepat akan sangat membantu kesuksesan bisnismu. Membagikan brosur ke beberapa tempat, memberi promo opening, ataupun memasarkan di media sosial merupakan cara supaya produkmu dapat dikenal banyak orang. Kunci pentingnya adalah kamu harus berinovasi dalam memasarkan produkmu ini. Carilah cara unik agar banyak orang tertarik untuk membeli produkmu.

6. Pertahankan hubungan baik dengan franchisor.

Setelah bisnismu berjalan, kamu harus tetap menjalin hubungan baik dengan franchisor. Hubungan yang terjalin baik antara franchisor dan franchisee juga akan berpengaruh kepada bisnis yang sedang dijalankan. Bisnis waralabamu juga akan dipromosikan oleh franchisor . Tentu saja, bisnismu dijamin makin tenar.