Tips Imbangi Kerja Kantoran dan Bisnis Online

bukupediabisnis - Pada masa kini, bisnis online mudah untuk dijalankan. Dari bisnis jualan baju hingga berbagai peralatan yang bisa membantu kehidupan sehari-hari. Platformnya pun beragam, dari media sosial hingga e-commerce. Memang terasa berat ketika dibarengi dengan kerja kantoran, tapi pendapatan yang didapat tidaklah kecil. Itu yang membuat bisnis online sangat menggiurkan. Agar Anda bisa menimbangi antara kerja kantoran dengan bisnis online, lima tips di bawah ini wajib diikuti.

Tips Imbangi Kerja Kantoran dan Bisnis Online








Pilih bisnis online yang paling cocok untuk Anda

Langkah paling awal dalam menjalankan bisnis tentunya adalah mencari bisnis yang paling cocok untuk Anda. Anda bisa mencari mau menjual apa. Paling gampang adalah mencari yang Anda sukai. Jika Anda suka dengan fashion, maka Anda bisa jualan baju. Jika Anda suka dengan kuliner, Anda bisa berjualan makanan favorit Anda. Dengan Anda memilih bisnis yang paling cocok, Anda bisa menjalankannya dengan lebih santai dan tenang karena layaknya hobi saja. Pendapatan pun akan datang dengan sendirinya tanpa terasa.

Tetap 100% fokus untuk pekerjaan di kantor

Ketika memilih untuk menjalankan bisnis online sambil tetap kerja kantoran, masalah utama adalah fokus. Dengan memiliki dua pekerjaan, fokus biasanya akan terpecah, malah berimbas buruk ke dalam kerjaan kantor yang sebenarnya itu adalah pekerjaan utama Anda.

Anda sebaiknya tetap mencoba fokus 100% untuk pekerjaan di kantor dengan cara mengubah cara berpikir. Ketika berada di kantor, jangan sampai memikirkan bisnis online Anda, apalagi jika masalah sedang datang. Tetap fokus dan biarkan pikiran tentang bisnis online ketika Anda sudah pulang dari kantor.

Atur waktu dengan baik

Dalam sehari, hanya ada 24 jam yang bisa Anda jalani. Tapi ketika mempunyai dua pekerjaan, terkadang waktu untuk beraktivitas terasa pendek dan malah membuat Anda menjadi kepikiran. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatur waktu dengan baik. Contohnya biarkan pekerjaan kantor menguasai Anda dari masuk kantor hingga pulang kantor. Setelah itu, dengan waktu yang tersisa, Anda bisa mengurus bisnis online.

Selalu siap dengan skenario terburuk

Menjalani dua pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terkadang masalah datang silih berganti, bahkan menjadi mimpi buruk bagi Anda. Jadi ketika sedang menjalani dua pekerjaan, Anda harus selalu siap dengan skenario terburuk.

Contohnya pihak manajemen kantor tidak suka dengan bisnis yang kamu jalankan. Itu adalah mimpi buruk tersendiri karena Anda hanya punya dua pilihan: Fokus dengan kerjaan kantor alias menutup bisnis atau malah resign dari kantor untuk fokus ke bisnis online. Hal seperti ini yang bisa datang setiap waktu.

Selalu berpikir positif

Ya, ketika mempunyai dua pekerjaan, lelah dan kecapekan akan melanda Anda dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat Anda malah tidak fokus bekerja dan juga membuat bisnis tidak berjalan dengan baik. Untuk itu, coba ubah gaya berpikir Anda dengan tetap positif dan tidak memikirkan hal-hal negatif yang cuma ketakutan sesaat saja. Dengan tetap berpikir positif, Anda akan lebih senang dan nyaman menjalankan dua pekerjaan itu.

Bisnis Online Untuk Menciptakan Kesempatan Pertumbuhan Usaha

Untuk berhasil di dunia internet, bukan berarti Anda harus menjadi perusahaan raksasa. Banyak perusahaan berskala kecil dan menengah berhasil membangun bisnis online yang cukup menguntungkan. Bahkan penelitian menunjukkan perusahan kecil dan menengah jadi kekuatan pertumbuhan e-commerce yang utama di tahun-tahun mendatang.

Tidak Ada Batasan Akses Dan Lokasi

Internet menjangkau berbagai penjuru dunia dan semua zona waktu. Ini berarti ketika bisnis dilakukan online, terbentuk kapabilitas yang sama. Pada toko fisik, pelanggan dibatasi oleh jam buka-tutup toko. Sebaliknya, bisnis online Anda bisa diakses internet dari area mana saja dan buka 24 jam setiap hari sepanjang tahun. Selain itu, dengan peningkatan marketing mobile, bisnis online Anda mendapat keuntungan lain, yakni bisa diakses siapa saja yang memiliki mobile device. Pelanggan hanya dibatasi oleh jangkauan jaringan mereka.

Investasi Awal Yang Rendah

Manfaat signifikan untuk bisnis berskala kecil adalah investasi awal untuk memulai bisnis online umumnya lebih rendah dibanding harga untuk memulai bisnis yang sama menggunakan model tradisional. Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah diperoleh. Banyak bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan rumah tinggal sebagai kantor dengan komputer biasa, beberapa software dasar, dan koneksi internet. Tak hanya itu, memiliki website sebagai representasi bisnis Anda di era digital ini juga sangat penting. Ketahui bagaimana cara membuat website untuk bisnis Anda.

Membangun Citra Perusahaan Jadi Lebih Baik

Memiliki eksistensi secara online dapat membangun kredibilitas dan profesionalisme Anda. Pelanggan berharap melihat alamat website Anda di kartu nama dan materi promosi lainnya. Mereka bertanya, “Apakah Anda memiliki website?” atau “Bisa saya baca lebih rinci tentang produk dan layanan Anda di sana?” Baik Anda menjual produk atau layanan secara online atau tidak, Anda tetap perlu memiliki eksistensi di internet. Website perusahaan yang baik akan meningkatkan citra perusahaan, terutama bila produk dan layanannya bagus.

Informasi Lebih Mudah Sampai Ke Pelanggan

Beberapa tahun lalu, perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengantarkan update informasi tentang produk atau jasa mereka ke pelanggan. Tapi kini semua telah berubah, kini Anda bisa menambahkan atau membuat konten terkait perubahan pada perusahaan dan produk dalam hitungan jam, menerbitkannya di situs, dan membagikannya ke seluruh dunia.

Support Pelanggan Jadi Lebih Baik

Website Anda menjadi titik kontak untuk Anda, dan manfaatnya jauh lebih baik dibanding kartu bisnis. Pelanggan bisa menghubungi dan berbicara dengan Anda, berkat email dan software live-chat. Bisnis online tidak menemukan kesulitan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui telepon, email, twitter, facebook, dan sebagainya. Ini jadi cara yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Ketika pelanggan menghubungi Anda, mereka ingin jawaban yang cepat. Selain itu, bentuk layanan pelanggan yang fleksibel ini bisa memperpanjang jam operasi fisik sebuah toko. Bisnis online juga menawarkan kenyamanan dalam mengantarkan produk langsung ke depan pintu pelanggan, tanpa mereka perlu mengalami kemacetan hanya untuk mengunjungi toko Anda dan bertransaksi.

Operasi Rendah Biaya

Mengoperasikan bisnis online jauh lebih efektif dari segi harga dibanding menjalankan perusahaan fisik. Teknologi membuat Anda bisa menjalankan bisnis online, termasuk menangani manajemen persediaan, pembayaran, pengiriman, dan seterusnya.

Melakukan proses bisnis ini melalui sistem online membuat Anda memotong biaya secara signifikan pada hampir semua area bisnis. Selain itu, segala hal jadi jauh lebih mudah karena satu orang bisa melakukan pekerjaan beberapa orang. Misalnya saat komunikasi massal dengan pelanggan. Mengirimkan banyak email ke daftar pelanggan lebih mudah dibanding mengirim 100 orang untuk membagikan flyer. Keuntungan lain, harga transaksi berkurang, karena tidak ada kebutuhan untuk mempekerjakan kasir ketika software kereta belanja membuat pelanggan bica check out sendiri.

Pemeliharaan Rendah Biaya

Uang sewa gedung, tagihan listrik, biaya keamanan, dan pengeluaran umum kantor lainnya di lokasi fisik bisa meningkat. Dengan bisnis online, Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan banyak pengeluaran ini.

Strategi Pemasaran Yang Lebih Disukai

Dengan kemajuan di jaringan media sosial, mesin pencarian, dan sebagainya, internet membuat pemilik bisnis lebih mudah dan lebih efektif mempromosikan bisnis online mereka. Banyak platform seperti iklan media sosial, email marketing, dan mobile marketing kini hadir untuk membantu mempromosikan bisnis ke pelanggan. Ini juga memudahkan pengatur bisnis untuk melacak dan menganalisa pola pembelian pelanggan mereka, dan bisnis jadi lebih baik dalam menyesuaikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Bisnis Tetap Relevan

Internet kini jadi bagian besar dari kehidupan kita. Suka atau tidak, internet tidak menunjukkan tanda akan ditinggalkan. Jadi kenapa kita tidak mengambil manfaatnya secara maksimal? Membuka bisnis online membuat Anda bersentuhan dengan sesuatu yang baru, seperti berbagai blog yang Anda temukan yang memberitahukan informasi terbaru. Agar tetap relevan, bisnis Anda perlu secara konsisten menerbitkan konten yang menarik bagi konsumen. Ditambah lagi, eksistensi secara online di website media sosial jadi bagian besar untuk memperoleh nama dan bisnis di luar sana.

Jangkauan Global

Bisnis online bisa membawa usaha Anda ke audiens yang lebih luas, yang global. Siapa saja yang memiliki koneksi internet bisa melihat produk atau layanan Anda secara online. Internet jadi jendela belanja dunia untuk produk Anda. Anda juga memiliki kebebasan untuk hidup dan bekerja dimana saja yang Anda suka. Anda bisa bepergian ketika menjalankan bisnis online. Bukankah itu menyenangkan?

Bagus Untuk SEO

Ketika menjalankan bisnis di platform seperti Google Maps, Yelp, atau Foursquare, Anda mendaftarkan semua informasi tentang bisnis Anda, termasuk tautan ke website perusahaan. Ini berarti sekarang ada setidaknya 3 tautan pada website bereputasi baik yang mengarahkan traffic ke situs Anda. Semakin banyak backlink yang dimiliki situs Anda, bisnis online Anda semakin terlihat ke audiens yang lebih luas sebagai pelanggan potensial. Baca lebih lengkap artikel kami tentang desain web yang SEO friendly.