Digital Personal Branding Syarat Utama Bisnis Online

bukupediabisnis - Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Digital Personal Branding Syarat Utama Bisnis Online. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Digital Personal Branding Syarat Utama Bisnis Online :

Digital Personal Branding Syarat Utama Bisnis Online






Sebagai sarana promosi yang efisien

Jika sebelumnya branding dilakukan secara konvensional, seperti menggunakan billboard, brosur hingga memasang iklan di sebuah surat kabar. Cara seperti ini memang dirasa cukup ampuh untuk mengenalkan produk atau brand kepada masyarakat luas. Namun, perkembangan internet secara massif seperti saat ini telah menggeser cara lama tersebut.

Internet menjadi ladang baru untuk digital branding bisnis online kamu. Tercatat pengguna internet di Indonesia dalam hampir dua puluh tahun terakhir meningkat drastis. Jika pada tahun 1998 baru 500 ribu, di tahun 2017 lalu sudah mencapai 100 juta. Inilah yang menjadi peluang promosi yang sangat efisien bagi brand maupun perusahaan bila dibandingkan menggunakan cara lama. Keunggulannya jelas, bisa menekan pengeluaran perusahaan.

Lebih mudah dalam menjaring calon konsumen baru

Branding secara online juga mampu untuk menjaring calon konsumen baru. Kebanyakan calon konsumen ini akan mencari tahu produk atau brand yang mereka cari di internet sebelum membelinya. Alasannya, mereka tidak ingin mengambil risiko membeli produk yang tidak berkualitas dan memiliki testimoni buruk.

Di sinilah kamu bisa mengambil kesempatan untuk mejaring calon konsumen baru tersebut. Maka dari itu, sebaiknya buatlah digital branding semenarik mungkin tentang bisnis online kamu. Sebutkan pula apa kelebihan yang dimiliki oleh brand kamu kepada khalayak. Semakin unik, mudah dan menarik pelayanan yang ditawarkan, besar kemungkinan calon konsumen akan mencoba produk tersebut.

Meningkatan awareness kepada banyak orang

Selain untuk menjaring calon konsumen baru dalam bisnis online, digital branding juga dirasa efektif untuk meningkatkan awareness mengenai sebuah produk. Awareness ini penting dilakukan ketika kamu memiliki produk atau brand, namun belum terlalu dikenal. Dalam hal ini kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan digital branding.

Bila kamu merasa mampu, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan influencer di media sosial. Atau dengan memanfaatkan akun media sosial brand kamu dengan konten yang unik. Inilah yang dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji Wendy’s dalam melakukan digital branding dan membangun reputasinya lewat Twitter. Hal ini membuatnya menjadi makin dekat dengan pesaingnya yakni McDonald.

Mampu untuk membangun jaringan

Disadari atau tidak, digital branding ternyata bisa menjadi sarana kamu dan bisnis online yang sedang jalankan untuk membangun jaringan. Terutama bila bisnis online tersebut masih dalam tahap rintisan atau start up. Ingat, banyak perusahaan gagal mendapatkan jaringan yang potensial karena melakukan branding yang kurang tepat.

Bila kamu melakukan digital branding dengan cara yang menarik dan berisi portofolio perusahaan yang menjanjikan, bukan tidak mungkin akan dilirik oleh perusahaan lain yang lebih besar. Dengan begitu kamu akan mendapatkan rekanan baru dan bisa untuk membangun jaringan yang lebih luas. Kedepannya, dengan adanya jaringan yang sudah terbentuk ini diharapkan dapat memperluas pangsa pasar bisnis online.Selain keempat hal di atas, dalam melakukan digital branding untuk bisnis online kamu juga memerlukan jaringan internet baik. Mengingat hampir semua kegiatan digital branding membutuhkan koneksi internet. Oleh karena itu, penting bagi kamu memilih penyedia layanan internet terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tentukan tujuan dan passion

Hal-hal acak yang kamu lontarkan secara online menunjukkan kurangnya fokus. Di ranah digital sekarang, ketidakfokusan bukan sesuatu yang akan membantumu. Jadi, pertama-tama mulailah dengan memastikan bahwa kamu memiliki arah dan tujuan yang sejelas mungkin. Coba definisikan dirimu dalam kurang dari 20 kata. Bila kamu masih bingung, itu artinya kamu harus lebih dalam memahami tujuan dan passion.

Kamu membutuhkan percikan api untuk membuat api, itu adalah bagian dari passion. Passion lah yang akan menopangmu ketika kamu kekurangan inspirasi dan keraguan menyerang kepercayaan dirimu. Temukanlah fokus dengan melakukan beberapa langkah. Pertama, buat daftar passion hidupmu. Kedua, tentukan ciri khasmu (misalnya lucu, akrab, atau inspirasional). Ketiga, tuliskan pernyataan misi dalam 20 kata yang menggambarkan tujuanmu.

Tunjukkan sisi lain kepribadianmu

Menciptakan personal branding yang kuat di ranah digital tidak mudah. Kamu perlu sesuatu yang berbeda. Hanya menunjukkan satu sisi kepribadian merupakan alasan mengapa banyak influencer hanya masuk dalam komoditas tertentu. Misalnya, bila kamu seorang model fitnes yang menarik di Instagram, brand-brand yang ingin mensponsorimu akan menempatkanmu dalam daftar yang sama dengan semua model fitnes Instagram menarik lainnya.

Banyak influencer takut untuk memposting sisi berbeda dari kepribadian mereka karena posting-an tersebut tidak akan mendapatkan banyak perhatian. Follower yang mengikuti influencer karena satu hal spesifik (misalnya kebugaran), tidak akan selalu senang melihat posting-an tentang hal selain kebugaran, seperti makanan, travel, atau bisnis online. Padahal, menunjukkan sisi lain dari kepribadianmu dapat mengubah arah personal branding-mu menjadi lebih baik.

Bahkan jika kamu bukan “influencer” yang ingin mendapatkan sponsor brand, menunjukkan berbagai aspek kepribadianmu akan membawa ketertarikan dari lebih banyak orang. Audiens akan tahu siapa dirimu. Meskipun dalam prosesnya sejumlah orang mungkin berhenti mengikutimu, 30% audiens akan mulai memandangmu dengan cara berbeda. Cara ini adalah kunci memposisikan diri dengan cara yang berbeda dengan orang-orang lain di luar sana.

Membangun personal branding yang kuat di media sosial

Di ranah digital, membangun personal branding yang kuat harus kamu lakukan salah satunya melalui media sosial. Ada beberapa hal yang penting untuk kamu lakukan. Pertama, putuskan bagaimana kamu ingin dikenal (ketahui apa yang kamu tawarkan, gaya, hingga pembedamu dengan orang lain). Kedua, pastikan gambar dan pesanmu konsisten (personal branding yang kuat tidak akan terbangun tanpa konsistensi). Ketiga, pilih kata-kata secara teliti.

Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah posting setiap hari dengan berbagi konten kredibel. Pilih foto dan video yang sesuai dengan jenis konten. Untuk meningkatkan keterlibatan, kamu bisa mengajukan pertanyaan dan membuka diskusi. Pantau juga bagaimana orang lain memandang personal branding dan apakah pesanmu diterima dengan sempurna. Dengan begitu, personal branding-mu di media sosial akan lebih kuat dan memberikan manfaat yang optimal.