Cara Memilih Niche Market Yang Tepat Untuk Bisnis Online

bukupediabisnis - Agar tidak menyesal kemudian hari,mulai dari persiapan membuka bisnis online harus dimatangkan perencanaan dan mengambil resiko dengan bayaran yang seimbang juga. Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Pilihlah Niche Market Yang Tepat Untu Bisnis Online Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Pilihlah Niche Market Yang Tepat Untu Bisnis Online

Cara Memilih Niche Market Yang Tepat Untuk Bisnis Online








Saat kamu menjalankan bisnis online, kamu tentu berpikir keras untuk bagaimana caranya memiliki pasar yang tepat agar keuntungan dapat bertambah. Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep niche market. Bagi sebagian masyarakat yang awal dalam menjalankan bisnis seperti bisnis online mungkin belum begitu memahami apa itu niche market dan memilih niche market yang tepat. Namun, kamu tak perlu khawatir, ulasan kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Mengenal niche market

Niche market memang penting dalam dunia bisnis, termasuk pula bisnis online. Secara umum niche market bisa diartikan sebagai kelompok konsumen yang memiliki ketertarikan produk namun produk tersebut memiliki spesifikasi khusus. Tujuannya memang untuk menangkap sebagian kecil calon konsumen di pasaran.

Namun, kamu jangan salah meski sasarannya hanya sebagian calon pembeli khusus namun keuntungan yang didapat cukup tinggi. Kamu pun lebih bisa menguasai pasar sebab pesaingnya cenderung tidak banyak. Contohnya saja, di Indonesia memang banyak perusahaan penyedia layanan hosting. Namun, tidak semua sama dan memiliki perbedaan yang mendasar. Terutama dari segi pelayanan yang diberikan, harga serta Service Level Agreement (SLA) atau jaminan yang diberikan ketika kamu menggunakan layanan tersebut.

Perbedaan niche market dan mass market

Dalam dunia pemasaran produk bisnis memang dikenal dua konsep yakni niche market dan mass market. Perbedaan utamanya adalah terletak pada besar kecilnya target pasarnya. Mass market memiliki kecenderungan target pasar yang cukup luas. Sementara untuk niche market sasarannya lebih spesifik atau khusus. Seperti namanya, fokusnya pun lebih kecil sehingga lebih mudah melakukan segmentasi pasar.

Berbeda halnya dengan niche market, mass market juga memiliki kecenderungan abai terhadap segmentasi pasar. Dalam mass market konsumen sifatnya heterogen dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga terkadang kesulitan menemukan konsumen yang loyal. Selain heterogen, kompetitornya pun juga semakin banyak. Sedangkan untuk niche market lebih tersegmentasi dengan baik.

Mengapa harus memilih niche market?

Niche market memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan bisnis online yang sedang kamu jalani. Tidak hanya mengenai pendapatan saja, tetapi juga aspek lainnya. Dalam bukunya yang berjudul ‘How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle’, Emilie Pelletier menyebutkan setidaknya ada empat hal yang menjadi alasan mengapa kamu perlu memilih niche market. Berikut di antaranya.

Peluang pendapatan yang tinggi

Kamu pasti sudah mengetahui tren yang terjadi di masyarakat bukan? Masyarakat cenderung memilih produk yang saat itu sedang tren atau hits. Produk seperti ini memiliki permintaan yang lebih tinggi, dan memiliki kecenderungan harga yang lebih mahal. Bila kamu menentukan bisnis online yang sedang hits maka, bukan tidak mungkin pesanan produk akan semakin tinggi. Dengan demikian peluang untuk mendapatkan pendapatan atau hasil yang lebih besar semakin terbuka lebar.

Lebih menikmati pekerjaan

Niche market juga memberikan kamu keleluasaan menjalankan bisnis online sesuai dengan minat dan kemampuan atau dalam bahasa kekinian adalah passion. Jika kamu menekuni bisnis dengan mendasarkan pada passion, akan lebih mudah dalam menentukan tipe-tipe pembeli ideal dan mana pasar yang berpotensi mendapatkan pendapatan tinggi. Hasil seperti inilah yang akan membuatmu lebih menikmati pekerjaan yang dijalani.

Memasarkan produk dengan mudah

Memilih niche market adalah pilihan yang tepat. Sebab kamu akan mengetahui apa yang calon konsumen butuhkan. Termasuk pertimbangan apa sajakah yang ada di benak pembeli sebelum memilih barang dari produkmu dan sebagainya. Di situlah kamu bisa menerapkan strategi pemasaran dan juga strategi menggunakan bahasa komunikasi yang tepat ketika menawarkan produk tersebut.

Kamu bisa makin dikenal

Selain keuntungan yang besar dan potensi penghasilan tinggi, adanya niche market juga membuka peluang kamu untuk dikenal luas banyak orang. Kita bisa ambil contoh Bob Sadino, meski telah tiada namanya dikenal sebagai peolpor agrobisnis yang sukses di tanah air. Kisahnya menginspirasi banyak orang untuk melakukan agrobisnis yang sebelumnya dipandang sebelah mata. Kini, banyak bermunculan wirausahawan baru dalam agrobisnis dan menjualnya secara online. Tentu ini sebuah inovasi dalam bisnis produk pertanian di Indonesia khususnya.

Langkah memilih niche market

Setelah kamu mengetahui apa itu niche market dan mengapa harus memilihnya dalam berbisnis online, kini saatnya kamu untuk menentukan dan memilih niche marketmu sendiri. Dalam memilih niche market ini tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah langkah dalam berbisnis. Berikut beberapa di antaranya yang wajib dipertimbangkan sebelum mengeksekusinya.

Lakukanlah riset pasar terlebih dulu

Langkah awal dan yang paling penting agar niche marketmu dapat berjalan dengan baik ialah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar memang hal mendasar dalam bisnis apapun, termasuk bisnis online yang sedang kamu tekuni. Dalam melakukan riset pasar kamu harus benar-benar memperhatikan tren apa yang sedang tren di masyarakat.

Untuk melakukan riset pasar, sebaiknya kamu perlu pengujian terlebih dahulu. Misalnya apakah produk tersebut layak dipasarkan dan kamu mencari tiga orang dahulu yang mau membeli produk yang dijual selain orang-orang yang kita kenal. Kemudian, lakukan penelusuran dan pengkajian kembali apakah produk yang sedang kamu tawarkan memang menyelesaikan dan dibutuhkan masyarakat. Termasuk pula siapa para kompetitor dari produk yang kamu tawarkan.

Tentukan pasar yang lebih spesifik

Kini, setelah kamu sukses melakukan riset pasar maka tentukan segmentasi pasarnya secara spesifik atau khusus. Tujuan menentukan niche market yang spesifik adalah untuk memudahkanmu lebih fokus terhadap sebuah produk tertentu. Kamu pun bisa memberikan layanan dan solusi yang optimal kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, dengan spesifikasi khusus ini kamu lebih bisa mempertahankan kualitas produk.

Meski spesifik, kamu pun harus menentukan apakah segmentasi pasar tersebut menguntungkan atau tidak. Pastikan pula jika produk dari bisnis online yang ditawarkan tersebut memiliki calon konsumen potensial. Sehingga, bisnis online dapat berjalan dengan baik. Contohnya saja jika kamu ingin spesifik memulai bisnis online di bidang fashion dan makanan, tentu ini menjadi bisnis yang menguntungkan. Sebab, keduanya tidak akan pernah mati dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat setiap saat.

Tentukan sesuai passion

Tidak hanya memilih pasar yang spesifik dan riset pasar di awal saja, dalam memilih niche market passion atau minat juga sangat menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Sebab, jika kamu menjalankan bisnis bukan pada bidang yang disenangi akan sulit untuk berkembang. Semisalnya saja jika passion kamu adalah olahraga, sangat cocok untuk berbisnis online dalam menjual peralatan olahraga.

Dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion, tentu kamu akan mudah menjalankannya. Kamu juga lebih tahu siapa calon konsumen dan pasar yang potensial dalam bisnis tersebut. Selain itu, kamu pun tidak akan merasa kesulitan dalam membuat konten yang menarik untuk memasarkan produk di dunia digital baik melalui website maupun media sosial. Sebab konten menjadi sebuah kunci utama dalam bisnis online yang kamu jalankan.

Berbicara mengenai website dalam pembuatan konten pada segment niche market sangatlah penting. Maka dari itu, kamu pun perlu menjamin keberlangsungan dari website tersebut. Tujuannya selain memudahkan konsumen juga sebagai cerminan dari bisnis online yang sedang kamu jalani. Salah satu untuk menjaga website dalam kondisi baik adalah ketepatan dalam memilih layanan hosting. Di Indonesia, kamu bisa mempercayakan layanan hosting agar bisnis onlinemu berjalan lancar.